Google
 

19 October 2017

Smartcat: Revolusi di Dunia CAT Tool (Program Bantu Penerjemahan)


Harga 
Smartcat merupakan program bantu penerjemahan (CAT tool) yang tidak perlu dibeli alias gratis. 

Sebaliknya, harga program bantu penerjemahan Trados sekitar Rp8,3 juta rupiah. Jika ditambah biaya transfer bank sekitar Rp500.000, maka biaya total untuk pembelian program bantu penerjemahan ini hampir Rp9 juta. 

Program bantu penerjemahan yang lebih mahal, yaitu memoQ, harganya Rp9,8 juta rupiah. Jika ditambah biaya transfer bank, maka biaya total program bantu penerjemahan ini lebih dari Rp10 juta.  

Automasi Pembayaran 
Pada program bantu penerjemahan Trados maupun memoQ, tidak ada fitur yang mengatur pembayaran jasa penerjemahan kepada penerjemah. 

Untuk mengurus pembayaran jasa penerjemahannya, seorang penerjemah harus membuat sendiri faktur (invoice)-nya dan mengirimkannya kepada agensi atau klien yang telah menggunakan jasa penerjemahannya. 

Dengan sistem pembayaran konvensional, seorang penerjemah menghadapi risiko yang cukup besar dalam hubungannya dengan agensi penerjemahan yang memberikan order penerjemahan kepadanya. 

Kasus tidak dibayarnya jasa penerjemah oleh agensi penerjemahan yang nakal bukanlah hal aneh di dunia penerjemahan internasional. 

Sebaliknya, Smartcat memudahkan dan mempercepat pembayaran, meningkatkan kelancaran arus kas, meningkatkan keuntungan, dan memperbaiki hubungan dengan klien.  

Kelancaran Pekerjaan dan Manajemen 
Smartcat merupakan satu-satunya program bantu penerjemahan yang dirancang bagi konsumen jasa penerjemahan dan penerjemah frilans. 

Tanpa harus menjalani prosedur yang merepotkan atau melakukan korespondensi lewat surat elektronik (email), konsumen pengguna jasa penerjemahan tinggal mengirimkan dokumen yang perlu diterjemahkan ke situs web Smartcat dan menerima dokumen yang telah diterjemahkan, melacak perkembangan proses penerjemahan, dan bahkan melakukan koreksi dan rekomendasi jika diperlukan. 

Penerjemah frilans, agensi penerjemahan, dan bagian penerjemahan suatu organisasi atau perusahaan bisa menangani proyek penerjemahan mereka secara bebas di situs web Smartcat sambil menikmati akses ke semua fitur automasi yang diperlukan oleh penerjemah di masa kini. 

Dengan kata lain, Smartcat menyediakan semua fasilitas yang diperlukan konsumen pengguna jasa penerjemahan dan penerjemah frilans dalam hal proses penerjemahan, administrasi, dan pembayaran.  

Kesimpulan 
Sehubungan dengan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Smartcat merupakan suatu sistem bisnis bagi hasil antara pengelola Smartcat dan penerjemah. 

Perusahaan Smartcat menyediakan situs web, program bantu penerjemahan Smartcat, dan berbagai fasilitas penunjang kegiatan penerjemahan bagi konsumen pengguna jasa penerjemahan dan penerjemah.

Sebagai imbalannya, untuk setiap order penerjemahan yang diperoleh penerjemah, pihak Smartcat mengutip komisi 10% atas setiap pembayaran jasa penerjemahan kepada penerjemah.

Ini tentu merupakan bisnis bagi hasil yang saling menguntungkan di antara ketiga pihak: Smartcat, konsumen pengguna jasa penerjemahan, dan penerjemah.

Yang terakhir, jika melihat semua keunggulan unik yang dimiliki Smartcat, maka dapat dikatakan bahwa Smartcat telah melakukan langkah revolusioner di dunia program bantu penerjemahan atau CAT tool. 

Apakah dengan kemunculan Smartcat ini perusahaan pembuat program bantu penerjemahan konvensional akan bangkrut karena program bantu penerjemahan konvensional berharga mahal yang mereka buat jadi tidak laku dan para penerjemah beralih menggunakan Smartcat? 

Kita tunggu dan lihat saja bagaimana perkembangannya. 


Hipyan Nopri, S.Pd. 
Penerjemah Hukum Inggris-Indonesia 
Juga Melayani Penerjemahan Dokumen 
Bisnis, Keuangan, Kedokteran, Kimia, Pertanian, dll. 
Medan, Sumatera Utara

No comments: