Google
 

14 May 2015

Hukum Kelembaman di Bidang Penerjemahan

Menurut hukum kelembaman Newton, benda yang diam akan cenderung terus diam dan benda yang bergerak akan cenderung terus bergerak jika resultan gaya yang bekerja padanya sama dengan nol atau konstan. Karena itu, diperlukan energi yang cukup besar untuk menggerakkan benda yang sedang diam atau menghentikan benda yang sedang bergerak, apalagi membalikkan arah gerak benda yang sedang bergerak.

Alhamdulillah, selama pengerjaan order penerjemahan lokal jangka panjang mengenai sejarah, ada juga selingan order penerjemahan dokumen berbagai bidang dari para pelanggan setia: agensi penerjemahan luar negeri dari Latvia, Belanda, Inggris, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Kanada, dll.

Peralihan konsentrasi dari penerjemahan dokumen sejarah ke dokumen hukum, bisnis/keuangan, pariwisata, teknologi informasi, dll., lalu kembali lagi ke dokumen sejarah, memang memerlukan energi fisik, mental, dan kognitif yang relatif besar agar bisa berlangsung segera, dalam tempo yang secepat-cepatnya, dan mulus.

Demikianlah tantangan yang sering dihadapi seorang penerjemah yang telah mendapatkan pelanggan domestik dan/atau internasional lebih dari satu.

Penerjemah harus mampu melakukan negosiasi dengan pelanggan atau calon pelanggannya agar sedapat mungkin semua order penerjemahan yang masuk dapat diterima dan dapat diatur waktunya selonggar mungkin dan senyaman mungkin untuk menjamin mutu yang baik dan penyelesaian tepat waktu atau lebih cepat dari tenggatnya.

Hipyan Nopri, S.Pd.
Penerjemah Hukum Inggris-Indonesia
Medan, Sumatera Utara

No comments: