Google
 

28 May 2013

Padanan Additional Buyer Stamp Duty Discount

Frasa di atas juga terdapat pada salah satu dokumen hukum yang dibuat di Singapura. Ini merupakan dokumen promosi properti salah satu perusahaan pengembang Singapura.

Menghadapi frasa bahasa Inggris ini, sebagian penerjemah menerjemahkannya menjadi 'diskon tambahan bea meterai (tanggungan) pembeli', dan sebagian lagi menerjemahkannya menjadi 'diskon bea meterai tambahan tanggungan pembeli'. Dengan kata lain, sebagian penerjemah menafsirkan bahwa 'additional' menerangkan 'discount' (diskon), dan sebagian penerjemah lagi menyimpulkan bahwa 'additional' menerangkan 'buyer stamp duty' (bea meterai tanggungan pembeli).

Sebelum menyimpulkan terjemahan mana yang benar, penerjemah harus mampu menentukan apa yang diterangkan oleh kata 'additional': 'buyer stamp duty' atau 'discount'. Memang, makna frasa ini cukup meragukan karena tidak ada tanda hubung (hyphen) atau kata depan (preposition) yang dapat memperjelasnya. Karena itu, secara gramatikal, kedua versi terjemahan di atas benar semua. Namun demikian, secara faktual, versi kedualah yang benar.

Mari kita analisis mengapa terjemahan versi pertama keliru. Di Singapura ada istilah 'buyer stamp duty' (bea meterai pembeli atau bea meterai tanggungan pembeli) dan 'additional buyer stamp duty' (bea meterai tambahan pembeli atau bea meterai tambahan tanggungan pembeli) dalam pembelian properti. Jadi, dalam pembelian sebuah properti di Singapura, pembeli harus membayar BSD dan juga ABSD.

Untuk memancing pembeli, pengembang memberikan diskon atas ABSD. Dengan demikian, 'additional' dalam frasa 'additional buyer stamp duty discount' bukan merujuk pada 'discount' tapi pada 'buyer stamp duty'. Karena itu, padanan'additional buyer stamp duty discount' adalah 'diskon bea meterai tambahan tanggungan pembeli'.

Rujukan:
From 12 Jan 2013, in addition to Buyer Stamp Duty, buyer has to pay Additional Buyer Stamp Duty. http://www.newlaunch-preview.com/resource/buyerstampduty.html

Hipyan Nopri, S.Pd.
Penerjemah Hukum Bahasa Inggris-Indonesia 
Medan, Sumatera Utara 

No comments: