Google
 

12 August 2008

Tarif Jasa Penerjemahan Lokal dan Nasional

Dalam dunia bisnis jasa penerjemahan, masing-masing penerjemah bebas menentukan sendiri tarif yang menurutnya layak dengan mempertimbangkan biaya dalam pengelolaan bisnis jasa penerjemahannya, kebutuhannya, dan tingkat penghasilan yang ingin dicapainya.

Saya sendiri menerapkan tarif jasa penerjemahan yang relatif murah meriah - terjangkau oleh klien dan layak untuk membuat saya sebagai penerjemah purna-waktu (full-time) mampu menafkahi anak dan isteri.

Tarif jasa penerjemahan untuk pengguna jasa penerjemahan lokal dan pengguna jasa penerjemahan nasional yang saya berlakukan sekarang adalah sebagai berikut.

Tarif Nasional
Rp250 per kata teks asal (setara dengan Rp50.000 per halaman standar teks asal)

Tarif Lokal
Rp200 per kata teks asal (setara dengan Rp40.000 per halaman standar teks asal)

Khusus untuk penerjemahan dokumen legal personal seperti transkrip nilai, ijazah, akta kelahiran, akta nikah, surat cerai, STTB, dll:
Rp100.000 per halaman teks asal

Tarif Standar Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI)
Inggris-Indonesia: Rp33,3 per karakter (termasuk spasi dan tanda baca) hasil terjemahan (setara dengan Rp50.000 per halaman standar)
Indonesia-Inggris: Rp50 per karakter (termasuk spasi dan tanda baca) hasil terjemahan (setara dengan 75.000 per halaman standar)

Yang dimaksud dengan tarif penerjemahan nasional adalah tarif jasa penerjemahan yang diberlakukan untuk order penerjemahan dari pengguna jasa penerjemahan baik perorangan ataupun organisasi non-asing yang berada di luar wilayah provinsi Sumatera Barat dan di dalam wialayah negara Republik Indonesia.

Yang dimaksud dengan tarif penerjemahan lokal adalah tarif jasa penerjemahan yang diberlakukan untuk order penerjemahan dari pengguna jasa penerjemahan baik perorangan ataupun organisasi non-asing yang berada di dalam wilayah provinsi Sumatera Barat.

Satu halaman standar = +/-200 kata

No comments: