Google
 

06 September 2007

Peran Penerjemah vs Biro Penerjemah

Secara umum, penerjemah dan biro penerjemah sama-sama merupakan penyedia jasa penerjemahan. Namun demikian, bila diteliti lebih jauh, penyedia jasa penerjemahan yang sesungguhnya adalah penerjemah karena biro penerjemah hanya berperan sebagai perantara.

Sebagai perantara, biro penerjemah memasarkan jasa penerjemahan, dan setelah mendapat order dari klien biro tersebut memberikan order penerjemahan tsb kepada penerjemah. Dengan kata lain, biro penerjemah lebih berperan dalam hal manajemen pemasaran jasa penerjemahan. Hal ini umumnya terjadi pada order penerjemahan yang hanya melibatkan satu bahasa sasaran.

Namun demikian, ini tidak berarti penerjemah tidak bisa memasarkan jasa penerjemahannya. Seorang penerjemah bebas dapat memasarkan sendiri jasa penerjemahannya melalui berbagai media seperti koran, newsletter (nawala), buku petunjuk telepon halaman kuning, atau Internet.

Walaupun begitu, bila klien ingin mendapatkan jasa penerjemahan dengan biaya yang efisien, mereka lebih baik menghubungi langsung penerjemah bersangkutan untuk memperpendek rantai pemasaran jasa penerjemahan. Tanpa perantaraan biro penerjemah, tentu saja klien tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra yang bakal dipungut biro penerjemah tersebut karena klien langsung berhubungan dengan penerjemah bersangkutan.

Tapi kalau klien berupa perusahaan yang memerlukan jasa penerjemahan untuk banyak bahasa, klien biasanya selalu memberikan order kepada biro penerjemah. Tentu bakal repot sekali kalau seorang penerjemah bebas diberi tugas untuk menangani order penerjemahan besar yang melibatkan banyak bahasa. Dengan keterampilan manajemen proyeknya, order seperti ini memang lebih baik ditangani biro penerjemah.

Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwa penerjemah adalah penyedia jasa penerjemahan yang sesungguhnya, sedangkan biro penerjemah lebih berperan dalam manajemen pemasaran dan manajemen proyek penerjemahan. Dengan keterampilan dan keahlian khas masing-masing, kedua pihak ini bisa melakukan kerja sama yang saling menguntungkan.

No comments: