Google
 

16 September 2007

Gambaran Umum Tarif Penerjemah Lokal, Nasional, dan Internasional

Sebagaimana penetapan tarif jasa di bidang-bidang profesi lainnya, tidak ada tarif baku jasa penerjemahan. Seorang akuntan, pengacara, dan dokter dapat menetapkan tarif sesuai keinginan mereka. Namun demikian, tentu saja mereka tidak akan menetapkan tarif seenaknya. Tarif tersebut akan dipengaruhi oleh kualifikasi mereka, pengalaman mereka, popularitas mereka, kehandalan mereka, banyaknya penyedia jasa, daerah tempat tinggal mereka, dan tingkat kebutuhan masyarakat akan jasa mereka.
Begitu pula dengan penerjemah. Seorang penerjemah dapat menentukan sendiri tarif jasa penerjemahan yang diinginkannya. Tentu saja, penerjemah yang dimaksud di sini adalah penerjemah bebas online - penerjemah yang berdiri sendiri dan menawarkan jasa penerjemahan secara online. Berbeda dengan penyedia jasa lainnya, seorang penerjemah bebas online dapat menawarkan jasanya kepada klien lokal, nasional, dan bahkan internasional. Dengan demikian, tarifnya juga bervariasi menurut lokasi klien - tarif lokal, nasional, dan internasional.
Namun demikian, sebagaimana telah disinggung di atas, tidak ada tarif baku jasa penerjemahan. Masing-masing penerjemah bebas menentukan sendiri tarif yang diinginkannya. Tarif ini mungkin ditentukan oleh kualifikasi, pengalaman, kelengkapan sumber daya, totalitas, dan sikap bisnisnya. Karena itu, tidak mengherankan bila orang melihat adanya variasi tarif jasa penerjemahan. Meskipun terdapat variasi tarif, para penerjemah tentu mempunyai pandangan umum mengenai tarif terendah yang dapat mereka terima. Ini adalah hal yang logis karena penerjemah juga harus menanggung beban biaya rutin per bulan. Bila tarif order penerjemahan yang ditawarkan klien tidak dapat menopang biaya hidup bulanannya, tentu saja penerjemah akan menolak tarif tersebut.
Dari pengalaman dan pengamatan pribadi saya, untuk tarif lokal di Padang, penerjemah menetapkan tarif rata-rata Rp5000 per halaman hasil terjemahan. Tarif nasional berkisar dari Rp25.000 hingga Rp50.000 per halaman hasil terjemahan. Meskipun demikian, mengingat konsekuensi hukumnya, tarif penerjemahan dokumen legal bisa mencapai Rp80.000 per halaman.
Berbeda dengan tarif penerjemahan lokal dan nasional, di tingkat internasional umumnya diterapkan tarif per kata. Untuk jasa penerjemahan internasional ini, tarifnya berkisar dari US$0.06 sampai US$0.12 per kata teks sumber.
Berkenaan dengan tarif jasa penerjemahan ini, sekarang untuk jasa penerjemahan lokal saya memasang tarif Rp18.900 per halaman teks sumber; Rp37.500 per halaman teks sumber untuk jasa penerjemahan nasional; dan US$0.12 per kata sumber untuk jasa penerjemahan internasional.

No comments: