Google
 

27 August 2007

Definisi Penerjemah Penuh Waktu (Full-time) & Paruh Waktu (Part-time)

Kita sering mendengar istilah penerjemah paruh waktu (part-time) dan penerjemah penuh waktu (full-time). Namun demikian, kalau ditanya apa yang dimaksud dengan penerjemah paruh waktu, penerjemah penuh waktu, dan perbedaan di antara keduanya, kita mungkin bingung menjawabnya.
Mungkinkah penerjemah paruh waktu adalah penerjemah yang separuh waktunya digunakan untuk menerjemah dan separuh lagi untuk melakukan pekerjaan lainnya? Mungkinkah penerjemah penuh waktu adalah penerjemah yang sepenuh waktu memusatkan perhatiannya pada kegiatan penerjemahan? Kalau memang benar, apa yang dimaksud dengan paruh waktu dan penuh waktu itu? Apakah penerjemah paruh waktu adalah penerjemah yang melakukan kegiatan penerjemahan setengah hari saja, dan penerjemah penuh waktu adalah penerjemah yang menekuni usaha penerjemahan sehari penuh?
Dari hasil perbincangan saya dengan rekan-rekan penerjemah luar negeri dapat dirangkum pengertian sebagai berikut. Seorang penerjemah dapat dikatakan sebagai penerjemah penuh waktu apabila: (1) dia menjadikan penerjemahan sebagai pekerjaan atau profesi intinya; (2) dia bekerja paling tidak lima hari dalam seminggu (biasanya Senin sampai Jum'at); dan (3) dia bekerja setidaknya delapan jam dalam sehari.
Dengan ketiga kriteria ini, penerjemah yang tidak memenuhi salah satu kriteria di atas dapat dikategorikan sebagai penerjemah paruh waktu.
Sebagai perbandingan, saya sendiri menjadikan penerjemahan sebagai bisnis inti saya. Dengan kata lain, satu-satunya profesi saya adalah penerjemah. Selain itu, saya siaga di depan komputer dan selalu online tujuh hari dalam seminggu. Kalau sedang ada order, tentu saja saya sibuk melakukan kegiatan penerjemahan. Sebaliknya, kalau sedang tidak ada order, saya tetap sibuk melakukan kegiatan yang ada kaitannya dengan bisnis penerjemahan saya - memperbarui atau memperbaiki profil di ProZ.com, membuat tulisan untuk blog ini, ikut serta di forum Bahtera, dan menjelajahi dunia maya untuk mencari klien baru. Akhirnya, sehubungan dengan jam kerja per hari, saya biasanya siaga di depan komputer dan online mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.
Dengan demikian, saya termasuk penerjemah penuh waktu.

No comments: